Kamis, 24 Desember 2015

Sejarah Kue KU dan Resep

Sejarah Asal Usul Mula Kue Ku (Ang Ku Kueh)

Kue ku atau dikenal juga dengan nama kue kura-kura atau kue tok ini berbahan dasar tepung ketan dan berisikan kacang ijo. Walaupun kue ini termasuk kue jaman dulu tapi peminat dan penggemar kue ini tidak tergolong sedikit loh. Kue ini banyak dijumpai dipasar tradisional. Di supermarketpun kini ada yang menjual kue ku ketan ini. Kue ini bentuk dan warnanya biasa bermacam-macam tergantung dari selera pembuatnya.

Kue ku atau biasa disebut Ang Ku Kueh mempunyai nama dalam bahasa inggris "Red Tortoise Cake" yang di definisikan sebagai "Sticky Rice Flour With Sweet Filling". Seperti yang kita ketahui, kue ku ini sebenarnya merupakan salah satu jajanan kue basah yang dapat ditemukan di pasar tradisional.


  Sejarah Asal Usul Mula Kue Ku (Ang Ku Kueh)
 Sejarah Asal Usul Mula Kue Ku (Ang Ku Kueh)


Tapi menurut saya pribadi, kehadiran kue ku ini sudah mulai jarang ditemukan. Jadi tidak heran keberadaanya mulai disebut langka. Umumnya kue ku ini berwarna merah merona dan hijau. Sensasi ketika mengigit kue ini terletak pada kekenyalan kue ini yang terbuat dari tepung ketan dan memiliki rasa manis dengan aroma kacang hijau.

Cetakkan kue nya sendiri berbentuk ukiran kura-kura. Dulunya menggunakan cetakkan kayu dan diukir. Tahukah kalian maksud dari kura-kura tersebut? Dalam tradisi tiongkok, kura-kura melambangkan panjang umur dan kemakmuran. Biasanya kue ini disajikan pada saat sesajian upacara tertentu.

Karena kehadirannya yang sangat langka, saya mengajak anda semua untuk membuat kue ku atau Ang Ku Kueh untuk di weekend kali ini. Penasaran dengan kue ini? kita coba buat sendiri aja yuk, simak resepnya berikut..


Bahan yang diperlukan untuk membuat Resep Kue Ku Ketan Enak dan Kenyal :


Bahan Kulit :

  • 250 gram tepung ketan
  • 225 cc santan encer
  • 50 gram gula pasir
  • garam secukupnya
  • zat warna merah


Bahan Isi:

  • 250 gram kacang hijau
  • 125 gram gula pasir
  • 50 cc minyak sayur
  • 750 gram cc air
  • garam secukupnya


Cara membuat Resep Kue Ku Ketan Mudah dan Sederhana :


  1. Langkah pertama yaitu membuat kulit kue : Tepung ketan, santan encer, gula pasir dan garam secukupnya dicampur menjadi satu. Adonan ini diberi warna merah dan diaduk rata sampai dapat dibentuk
  2. Buat Isi : Kacang hijau dicuci dan direndam sebentar dengan air bersih. Kemudian rebus sampai agak lembut, lalu masukkan gula dan garamResep Kue Ku Ketan Jajanan Tradisional
  3. Bila airnya sudah berkurang, masukkan minyak sayur dan biarkan sampai airnya kering.
  4. Adonan kulit tadi yang sudah dibuat bentuklah menjadi bulatan, bagian tengahnya diisi dengan adonan isi. Kemudian dibulatkan lagi. Bulatan ini dicetak/dipipihkan ke dalam cetakan kue Ku.
  5. Setelah berbentuk, bagian dasarnya dialasi daun pisang yang telah diolesi minyak. Kukus selama kurang lebih 15 menit. Setelah matang angkat dan sajikan di piring.

Tempat Penjual Kue Ku

Encim Sukaria
Jl. Soleh Ali No: 90 (Kapling),Tangerang.
Telp: (021) 5521049

Dapur Asri
Jl.Surya Kencana Gg.Kemuning 4,cPerumahan Alam Asri Blok D4 Pamulang
TANGERANG SELATAN.
Telp: 081216397969

Tidak ada komentar:

Posting Komentar